Sunday, October 25, 2015

Proposal Monumen Gempa

Pembangunan Monumen Gempa
Bumi 2006 Desa Cepokosawit- Sawit
Boyolali
Proposal

PENDAHULUAN

Pada hari Sabtu tgl 27 Mei 2006 pukul 05.55 telah terjadi gempa bumi hebat selama 57 detik  berkekuatan 5,9 pada skala Richter melanda desa Cepokosawit – Kecamatan Sawit, Boyolali. Dari 12 dukuh di desa Cepokosawitkerusakan bangunan rumah warga terjadi 10 dukuh, dan yang terparah adalah di tiga dukuh yaitu Cepokosawit,Kenteng , Satriyan. Jumlah bangunanyang rusak dan korban luka maupunjiwa adalah sebagai berikut :
  1. Korban jiwa                             :        2  0rang
  2. Korban cacat fisik                    :        2  orang
  3. Bangunan rumah yang rusak :   216  rumah
Kini telah hampir 10 tahun berlalu, kejadian gempa bumi yang dahyat tersebut seolah telah terlupakan . Waktu akan terus berlalu,pergantian generasi akan terjadi , ceritaterjadinya gempa yang  dasyat  tersebut lama kelamaan akan hilang. Oleh karena itu sesuai hasil pertemuan Forum Silaturahmi Tokoh Masyarakat  DesaCepokosawit tanggal 28 Agustus 2015,perlu dibangun  monemen gempa bumisebagai tanda dan mengingatkan kembali bahwa disitu pernah terjadi peristiwa gempa bumi yang memporak pandakan bangunan rumah warga, disamping itu perlu juga dibangun museum mini untukmenyimpan dukumen yang berhubungan dengan peristiwa tersebut.

KEGIATAN :
PEMBANGUNAN MONUMEN DAN MUSEUM
MINI GEMPA BUMI 2006 DESA CEPOKOSAWIT

TUJUAN KEGIATAN :

1. PEMBANGUNAN MONUMEN :
Untuk dipakai sebagai tanda pengingat bagi warga generasi  saat ini maupun yang akan datang bahwa pada tanggal 27 Mei 2006 di Desa Cepokosawit pernah terjadi gempa bumi dasyat yang mengakibatkan jatuhnyakorban dan memporak-porandakan bangunan rumah warga.

2. PEMBANGUNAN MUSEUM MINI
Untuk menyimpan dokumen yang berhubungan dengan peristiwa  gempa bumi tersebut agar dapat dipakai sebagai sumberinformasi bagi masyarakat  generasi saat ini maupun  generasi yang akan datang

PERSIAPAN KEGIATAN  
1. Pengumpulan dokumen
Bagi warga masyarakat yang  memiliki foto-foto, rekaman video ,benda -benda yang berkaitan dengan peristiwa tersebut diharapkan agar dapat menyerahkan/ meminjamkan kepada panitia.  Foto akan direproduksi dengan ukuran tetentu disertai narasi dan diberi pigora untuk dipasang di dinding museum.                  
                                      
2. Pengimpunan dana.
Panitia Pembangunan Monumen Gempa Bumi 2006 Desa Cepokosawit, membuka rekening

Bank BCA No.Rek. 393-048-174-1
atas nama Surawan S.Pd dan 
Yuwono S.Pd.
(Ketua 2 dan Bendahara1).
3. Pembangunan monemen
Monemen dibangun dengan ukuran panjang :
100 cm, lebar 60cm, tinggi : 5 m dengan lapisan ukiran batu.

4. Pembangunan museum mini
Museum dibangun disesuaikan dengan dana yang terkumpul dengan konsep yang memungkinkan dapat  diadakan perluasan.

5. Penyusunan buku
Buku disusun memuat  profile  Desa Cepokosawit, tentang peristiwa gempa  yang disertai gambaran secara teori dan tehnis terjadinya gempa bumi tersebut  sesuai data dari BMKG, foto yang  berkaitan peristiwa gempa bumi, Nama-nama lurah  Cepokosawit dari masa kemasa,  Warga  putera  daerah/ keturunannya yang sukses dipemerintahan / swasta maupun warga yang sukses dibidangnya yang dapat meng -inspirasi dan memotivasi bagi generasi warga Cepokosawit untuk meraih sukses .

Proposal ini dibuat dengan harapan mendapatkan dukungan dan partisipasi dari Bapak/Ibu/Saudara sehingga rencana pembangunan Monumen dan Museum Mini Gempa Bumi 2006 Desa Cepokosawit dapat berjalan sesuai harapan.

Cepokosawit,   01  Oktober 2015

PANITIA
PEMBANGUNAN MONUMEN
GEMPA BUMI 2006 DESA CEPOKOSAWIT


       Ketua I                                                                     


        
  

Soekoyo, SH.MH 


  Sekretaris 1                                                                 






Wurianta, SE  
Mengetahui
Kepala Desa Cepokosawit

Slamet Raharjo, S.Sos

        

No comments:

Post a Comment